Rabu, 12 September 2012

Jurusan Peternakan (Potensi Besar)



Apakah peternakan itu?
Peternakan berarti usaha pemeliharaan dan pengembangbiakan binatang.

Usaha apa saja yang dimaksud dari defenisi tersebut?
Usaha yang dimaksud meliputi proses perlakuan biologis yang terjadi secara eksternal maupun internal,serta interaksinya melalui rekayasa dan input teknologi yang diarhkan untuk tujuan produksi daging,susu,telur,kerja ternak/tenaga ternak,serta hasil sampinan yang lain.

Apa sih arti beternak sebenarnya?
Kata beternak mengandung arti yang luas, yaitu usaha untuk merawat, memelihara, mengatur kehidupan, perkawinan, kelahiran, penjagaan kesehatannya,serta penggunaannya hasil dari ternak yang diusahakannya, dalam bahasa inggris disebut dengan istilah “Animals Husbandry”.Sedangkan, beternak dalam arti yang sempit (khusus) lebih menitikberatkan kepada usaha untuk mengatur perkembangbiakan ternak, yaitu antara lain mengatur perkawinannya, memilih bibit yang digunakan,penjagaan terhadap kemandulan, dan terhadap ternak yang sedang bunting.Beternak dalam arti khusus disebut juga dengan istilah pemuliabiakan atau dalam bahasa inggris dengan istilah “Animal Breeding”.

 Apa sih perbedaan antara istilah hewan, binatang, dan ternak?
Ada perbedaan  arti secara definisi ilmu peternakan antara hewan, binatang, dan ternak.Hewan adalah segala mehluk hidup selain manusia, yang hidup baik didaratan maupun dilautan yang tidak dapat membuat makanan sendiri. Binatang adalah semua hewan semua hewan yang hidup di darat dan belum mengalami penjinakan oleh manusia atau masih liar.Ternak adalah semua hewan yang sudah dijinakkan oleh manusia.Ternaks sudah dapat diolah dan diambil manfaatnya untuk keperluan hidup manusia.

Hewan apa saja yang bisa diternakkan?
 Ada bermacam-macam,mulai dari jenis  yang ada pada zaman dulu yang lazim dipelihara,misalnya lintah untuk keperluan pengobatan, serangga yang menghasilkan zat warna , sampai jenis-jenis ternak yang lazm dipelihara pada zaman sekarang.Oleh karena banyak sekali jenis hewan piaraan yang sud h berabad-abad lazim dipelihara dalam usaha pertanian (dalam arti luas), maka umumnya yang diternakkan adalah jenis seperti kuda,sapi,kerbau, babi, kambing, domba,dan untuk unggas, misalnya ayam,itik,dan kalkun.



Apa sih yang dimaksud domestikasi itu?
Domestikasi berarti proses  penjinakan hewan-hewan yang hidup liar menjadi hewan-hewan piaraan.Sampai ekarang,proses domestikasi belum berakhir  karena manusia masih juga menambah jenis-jenis hewan piaraan yang baru,misalnya rubah untuk diambil bulunya.

Apa sih keuntungan dari beternak?
Banyak sekali!Susu yang dihasilkan hewan ternak berkaki empat menandung nilai gizi yang tinggi bagi manusia .Selain susu,daging ternak merupakan salah satu sumber protein hewani yang sangat diperlukan dalam tubuh kita.Tenaga hewan berkaki empat,sepeti kerbau dapat membantu petani dalam mengerjakan sawah dan lading serta mengangkut hasil-hasil pertanian.Kulit ternak dapat dimanfaatkan untuk bahan industri atau untuk bahan perdagangan,demikian pula dengan tanduk dan tulangnya.Sampai kepada  feces dan urinenya, masih dapat dimanfaatkan oleh manusia.Sejak lama juga mengenal pupuk kandang yang jauh lebih baik, dalam memberi kesuburan dan struktur tanah,daripada pupuk buatan.

Apa saja yang dipelajari di Fakultas Peternakan?
Secara garis besar ada empat bidang dipelajari dipeternakan, yaitu produksi ternak,nutrisi dan makanan terrnak,sosial ekonomi peternakan hasil ternak.

Kalau begitu,ilmu apa yang kita dapat dari produksi ternak?
Kita bias mendapat ilmu tentang ternak potong dan kerja, ilmu ternak perah, dan ilmu ternak unggas.Ruang lingkup pembahasan ilmiah ternak potong dan kerja dititikberatkan pada komiditi ternak penghasil daging dan produk sampingan,berarti kulit,pupuk kandang,serta tenaga seperti biogas,yang juga melibatkan perhitungan ekonomi.Ilmu ternak perah khusus membahas mengenai segala jenis hewan ternak penghasil susu, rmeliputi ternak sapi, kebau, kambing,kuda,domba,keledai dan ternak penghasil susu yang lain.Dalam ilmu ternak unggas akan dibahas mengenai segala hewan ternak yang termasuk dalam bangsa unggas yang menghasilkan telur,daging,dan bulu seperti ayam,kalkun,itik,bebek,merpati,burung unta,burung mutiara,dan ternak unggas yang lain.   

Lalu,ilmu apa yang kita dapat dari nurisi dan makanan?  
Kita bisa mengetahui nilai nutrisi dari pakan yang kita berikan kepada ternak,sehingga pakan untuk ternak dapat kita atur sesuai dengan kebutuha ternak,serta dapat kita atur sesuai dengan kebutuha ternak,serta dapat meningkatkan keefektifan dan efisiensi.

Ilmu apa yang kita dapat darfi social dan ekonomi peternakan?
Kita bisa memperhitungkan faktor teknis dan ekonomis ,apabila kita ingin melakukan suatu usaha peternakan.Dengan demikian,maka kita dapat menentukan segala yang berhubungan dengan hal-hal financial serta peluang pasar yang cocok dengan produk peternakan kita.

Ilmu apa yang kita dapat dari teknologi hasil ternak?
Kita bisa mengetahui cara-cara dan teknologi,baik yang sederhana maupun yang modern,untuk mengolah hasil ternak,sehinggga dapat menaikkan nilai jual dan nilai guna dari produk ternak yang kita hasilkan.Misal:pengolahan susu menjadi susu pasteurisasi,susu bubuk, keju,yoghurt,susu krim;pengolahan telur menjadi telur bubuk,telur asin dan sebagainya

Apa sih gelar kesarjanaan yang disandang setelah menyelesaikan studi di Fakultas Peternakan?
Gelar kesarjanaan yang disandang setelah menyelesaikan studi di Fakultas Peternakan adalah Sarjana Peternakan (S.Pt).


Perkembangan Ilmu
Perkembanan ilmu peternakan sangat menarik untuk diceritakan.Pasalnya kebutuhan manusia akan hewan bukan hanya didasari oleh keinginan untuk dikonsumsi,mempermudah pekerjaan petani,tetapi juga untuk disayangi,dijadikan korban pada upacara keagamaan,dan olahraga yang menarik, yaitu berburu.
Dahulu, ketika manusia masih hidup dengan system hidup nomaden, yaitu system kehidupan dengan mengembara manusia hanya membutuhkan daging untuk dimakan dan  sekedar kulitnya untuk pakaian.Setelah berganti penghidupan dengan menetap atau sedenter dan mulai mengenal bercocok tanam disekitar tempat kediaman mereka,manusia mulai mengenal pemeliharaan hewan.Proses menjadikan hewan dari keadaan liar menjadi jinak yang dapat dipelihara disebut domestikasi.Domestikasi ini yang mendasari perkembangan ilmu peternakan selanjutnya, walaupun domestikasi lingkupnya lebih luas  peternakan hanya bertujuan untuk dikonsumsi.
Perkembangannya, hewan dikorbankan untuk dipersembahka pada dewa. Setiap terjadi gerhana bulan, mereka menangkap sapi-sapi liar hidup-hidup dan ditahan sebagai n a persediaan apabila sewaktu-waktu dibutuhkan.Dari kejadian tersebut, lama kelamaan terbentuklah sapi-sapi jinak yang lama-kelamaan berkembangbiak dan dapat diambil manfaatnya dari aspek yang lain.
Dalam hubungan dengan kepercayaan ini, maka perlu juga dikemukakan bahwa pada mulanya sapi maupun kebau di dalam pertanian tidak dipergunakan langsung untuk membajak.Tetapi sapi maupun kerbau tersebut sekedar dibawa keliling ditanah pertanian pada upacara keagamaan sebelum orang mulai menabur benih, baru kemudian langsung dipergunakan untuk menatik bajak.Mereka yakin, denga melakukan hal ini maka para Dewa akan membuat tanah pertanian mereka menjadi subur dan hasil panen dapat melimpah.
Mengenai kuda, kurang lebih 25.000 tahun yang lalu,ditemukan tulang-tulang kuda dalam jumla besar didekat bekas-bekas tempat tinggal manusia.Tetapi belum dapat dipastikan apakah tulang-tulang itu berasal dari kuda yang telah dijinakkan atau hasil perburuan.Tentang penggunaan kuda,lukisan yang menggambarkan kuda yang sedang menarik kereta berasal dari Yunani yaitu2000 tahun sebelum Masehi.Peninggalan ini dianggap yang paling tua tentang penggunaan kuda.
Sapi dijinakkan pada kira-kira 6000 tahun sebelum Masehi.Jadi,lebih dahulu dari kuda.Demikian juga kambing dan domba.Kerbau dijinakkan kurang lebih 3750 tahun sebelum Masehi.Dari hewan-hewan yang dijinakkan lainnya,anjinglah yang terdahulu,yaitu kira-kira 9.000 tahun sebelum Masehi.
Penjinakan hewan sebenarnya masih berjalan hingga sekarang.Diawal abad XX ada usaha penjinakan rubah untuk  mendapatkan kulit yang berbulu dengan cara-cara intensif.Juga penjinakan hewan liar utuk keperluan percobaan masih terus berlangsung.
Perkembangan pemanfaatan hewan ternak atau usaha peternakan dari waktu ke waktu mengalami perkembangan yang pesat.Hal ini bertujuan untuk memperoleh hasil yang lebih optimal dari usaha peternakan usaha tersebut.Perkembangan peternakan tersebut dimulai dari yang masih bersifat sangat sederhana atau primitive hingga menuju perkembangan usaha peternakan yang modern dengan pemanfaatan teknologi yang canggih serta dengan menggunakan teknologi rekayasa genetic.Terutama usaha peternakan di Negara-negara maju,yaitu di Negara-negara Eropa dan Australia, usaha budidaya peternakan sudah banyak dilakukan dengan pemanfaatan teknologi canggih dan penggunaan teknologi rekayasa genetik.


Karier dan Dunia Nyata
Asyik kan, sudah mengetahui segala sesuatu tentang peternakan?Mungkin setelah membaca bagian berikut ininkeraguannmu untuk menjadi Fakultas Peternakan sirna sudah.


Praktisi dan Peternak
Kaier dan jenis kerja dari seorang praktisi di dunia peternakan adalah menjadi peternak. Peternak ditinjau dari seg manajemen operasional, maka dapat dibedakan menjadi dua, yaitu peternak mandiri dan peternak plasma. Peternak mandiri adalah peternak yang secara makro segalanya bersifat mandiri, sehingga peternak mandiri berhak menentukan kebijakan seluruh operasional secara bebas menurut kemauannya. Sedangkan, peternak plasma adalah peternak yang bekerja sama dengan system kemitraan ini, peternak yang memiliki modal dalam bidang kandang, tenaga kerja dan peralatan, disebut sebagai peternak plasma, dan peternak yang menyandang modal dalam bentuk bibit ternak, pakan, manajemen operasional, dan manajemen pemasaran disebut peternak inti. Sehingga dengan demikian seorang peternak plasma tidak berhak menentukan kebijakan operasional dengan bebas, tetapi harus mematuhi kebijakan operasional yang telah ditetapkan oleh peternak inti.


Konsultan  
Deskripsi pekerjaan seorang onsultan adalah memberikan sumbang saran berupa jasa untuk para praktisi yang mengalami kesulitan dalam bidang peternakan. Karena tidak semua praktisi tersebut punya dasar ilmu yang cukup mengenai peternakan, namun punya modal yang cukup untuk membuka usaha peternakan. Wujud sumbang saran tersebut antara lain adalah dalam bidang pemasaran, masalah teknis di lapangan, masalah manajemen pakan, serta masalah tentang pencegahan dan pengobatan penyakit. Dalam perusahaan-perusahaan juga banyak diperlukan konsultanpeternakan, misalnya pada perusahaan susu, makanan berbahan daging, dan sebagainya.


Pemerintahan
Lapangan pekerjaan yang dimaksud adalah menjadi tenaga kerja pada suat instansi  dinas tertentu milik pemerintah. Instansi dinas yang dapat dimasuki sarjana peternakan adalah Dinas Pertanian, Dinas Peternakan, Dinas Perikanan, Dinas Perkebunan, Dinas Perdagangan dan Perindustrian, Dinas Kedokteran Hewan, dan Dinas Pengembangan Masyarakat Pedesaan. Deskripsi tugasnya adalah menjadi pelaksana, coordinator, perencana, pengawas,Pembina, atau pembuat program-program untuk  dinas yang bersangkutan. Menjadi pegawai negeri adalah seorang yang bekerja dengan atas nama dan untuk kepentingan Negara. Kelebihannya adalah kamu akan menerima uang pension dan yang jelas pekerjaan di dinas pemerintah seperti ini risikonya sangat kecil untuk diberhentikan, kecuali untuk alasan-alasan tertentu.


Bidang Lainnya
Bidang lain yang bias dimasuki antara lain menjadi pengajar baik di instansi pemerintah maupun swasta, perguruan tinggi, ataupun kursus-kursus peternakan. Sedangkan, menjadi peneliti tugasnya adalah melakukan penelitian tentang hal-hal yang berhubungan dengan bidang peternakan serta membuat program-program maupun hal-hal yang dapat menigkatkan kuantitas dan kualitas  di bidang peternakan.Tempat bekerja sebagai tenaga peneliti adalah dalam ruangan Laboratorium atau bekerja dilapangan. Jenis-jenis lembaga penelitian di bidang peternakan milik pemerintah antara lain adalah  Badan Penelitian dan Pengembangan Ternak  Nasional, berbagai Laboratorium atau bekerja dilapangan. Jenis-jenis lembaga penelitian dibidang peternakan milik pemerintah antara lain adalah Badan Penelitian dan Pengembangan Ternak Nasional, berbagai Laboratorium di Dinas Peternakan dan lembaga penelitian di sekolah-sekolah, akademi-akademi maupun perguruan tinggi negeri. Lembaga penelitian dibidang peternakan milik swasta antara lain adalah di berbagai perusahaan peternakan yang memiliki laboratorium perusahaan prodksi ternak dan pakan ternakbmilik swasta, sera di berbagai laboratorium milik sekolah-sekolah,akademi-akademi srta perguruan tinggi swata


Kemampuan Penunjang
1)      Menyukai Biologi
2)      Familiar dengan hewan
3)      Tidak malas menghafal

Tidak ada komentar:

Posting Komentar