Nama : ABDUL KHALIQ
Nim :
60700107010
Jurusan : ILMU
PETERNAKAN
Judul :
Analisis Saluran Pemasaran Sapi Potong (Sapi Bali) Di Kabupaten Polewali
Mandar.
Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui saluran pemasaran, marjin pemasaran dan tingkat
efisiensi pemasaran sapi potong (sapi bali) di Kab. Polewali Mandar.
Metode penelitian yang digunakan adalah survey lapangan dengan instrument
pendukung kuesioner. Pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling
dengan jumlah 38 sampel. Analisis data secara deskriktif kualitatif dan
kuantitatif dengan rumus Marjin
Pemasaran (MP) = Pr – Pf dan Efisiensi
Pemasaran EP = (Biaya Pemasaran Harga Penjuaan) x 100%.
Hasil
penelitian menunjukkan bahwa pola-pola saluran pemasaran sapi potong di Kab.
Polewali Mandar terdiri dari 4 saluran yaitu : Saluran I yaitu (Peternak –
Konsumen), Saluran II yaitu (Peternak – Pedagang Lokal – Konsumen), Saluran III
yaitu (Peternak – Pedagang Lokal – Pedagang Pemotong – Konsumen) dan Saluran IV
yaitu (Peternak – Pedagang Lokal – Pedagang Besar – Konsumen). Margin pemasaran
disetiap lembaga pemasaran yaitu pedagang lokal sebesar Rp.500.000,00/ekor,
pedagang pemotong sebesar Rp.800.000,00/ekor dan pedagang besar sebesar
Rp.800.000,00/ekor.
Tingkat efisiensi pemasaran yang paling baik adalah tipe saluran I dengan nilai
0,38%. Selanjutnya Saluran Pemasaran II dan III masing-masing dengan nilai
0.74% dan 0,62%. Dan tipe saluran pemasaran IV merupakan saluran yang paling
tidak efisien dengan nilai 1,73%
Kata Kunci : Analisis, Pemasaran dan Sapi Potong.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar