Jumat, 07 September 2012

Analisis Saluran Pemasaran

ABSTRAK

Nama                : ABDUL KHALIQ
Nim                   : 60700107010
Jurusan            : ILMU PETERNAKAN
Judul                 : Analisis Saluran Pemasaran Sapi Potong (Sapi Bali) Di Kabupaten Polewali Mandar.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui saluran pemasaran, marjin pemasaran dan tingkat efisiensi pemasaran sapi potong (sapi bali) di Kab. Polewali Mandar. Metode penelitian yang digunakan adalah survey lapangan dengan instrument pendukung kuesioner. Pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling dengan jumlah 38 sampel. Analisis data secara deskriktif kualitatif dan kuantitatif dengan rumus Marjin Pemasaran (MP) = Pr – Pf dan Efisiensi Pemasaran EP = (Biaya Pemasaran  Harga Penjuaan) x 100%.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola-pola saluran pemasaran sapi potong di Kab. Polewali Mandar terdiri dari 4 saluran yaitu : Saluran I yaitu (Peternak – Konsumen), Saluran II yaitu (Peternak – Pedagang Lokal – Konsumen), Saluran III yaitu (Peternak – Pedagang Lokal – Pedagang Pemotong – Konsumen) dan Saluran IV yaitu (Peternak – Pedagang Lokal – Pedagang Besar – Konsumen). Margin pemasaran disetiap lembaga pemasaran yaitu pedagang lokal sebesar Rp.500.000,00/ekor, pedagang pemotong sebesar Rp.800.000,00/ekor dan pedagang besar sebesar Rp.800.000,00/ekor. Tingkat efisiensi pemasaran yang paling baik adalah tipe saluran I dengan nilai 0,38%. Selanjutnya Saluran Pemasaran II dan III masing-masing dengan nilai 0.74% dan 0,62%. Dan tipe saluran pemasaran IV merupakan saluran yang paling tidak efisien dengan nilai 1,73%

Kata Kunci : Analisis, Pemasaran dan Sapi Potong.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar